CARA PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR

*UMUM

       Minumlah obat sesuai anjuran, pada waktu yang tepat dan sesuai jangka waktu pengobatan yang telah ditentukan. Penggunaan obat tanpa petunjuk langsung dari dokter hanya boleh untuk penggunaan obat bebas dan obat bebas terbatas serta untuk keadaan atau masalah kesehatan yang ringan. Jika anda menggunakan obat bebas atau obat bebas terbatas ikutilah aturan yang tercantum pada kemasan kecuali disarankan lain oleh tenaga kesehatan.

       Penggunaan obat bebas atau obat bebas terbatas tersebut tidak dimaksudkan untuk penggunaan secara terus-menerus.

       Jika anda merasa obat yang digunakan tidak memberikan manfaat atau menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan hubungi segera tenaga kesehatan terdekat.

       Berbagai jenis obat-obat jangan dicampur dalam satu wadah.

       Etiket pada wadah obat jangan dibuang karena pada etiket tersebut tertera cara penggunaan dan informasi penggunaan obat yang penting.

       Untuk menghindari kesalahan, jangan meminum obat di tempat gelap. Bacalah cara pemakaian sebelum meminum obat juga tanggal kadaluarsanya

 

*Obat Oral (penggunaan melalui mulut)

       Obat oral terdapat dalam beberapa bentuk sediaan seperti tablet, kapsul dan cairan. Jika anda kesulitan menelan obat dalam bentuk sediaan yang diberikan, hubungi tenaga kesehatan dan mintalah sediaan yang sesuai.

       Ikutilah petunjuk tenaga kesehatan karena untuk efektifitas kerja obat yang optimal, beberapa obat harus diminum pada waktu makan dan beberapa obat harus diminum pada waktu lambung kosong.

       Apabila anda meminum obat dalam bentuk cair, gunakanlah sendok takar, karena rata-rata sendok makan tidak sesuai untuk ukuran dosis.

 

 

 

 

 

 

 

 

*Obat Tetes Mata dan Obat Salep Mata

       Obat tetes mata dan obat salep mata merupakan produk yang pembuatannya dilakukan secara steril (bebas kuman) sehingga dalam penggunaannya harus diperhatikan agar tetap bebas kuman.

       Untuk mencegah kontaminasi (pencemaran), ujung wadah obat tetes mata jangan terkena permikaan benda lain (termasuk mata) dan wadah harus tetap tertutup rapat sesudah dipakai.

       Cara pemakaian obat tetes mata : mula-mula cucilah tangan anda. Tengadahkan kepala, tarik kelopak mata bagian bawah. Teteskan/oleskan obat dan perlahan-lahan tutup mata anda. Jangan berkedip. Biarkan mata tertutup selama 1 sampai 2 menit.

       Setelah menggunakan obat tetes mata atau obat salep mata, cucilah tangan anda kembali untuk membersihkan sisa obat.

       Obat tetes mata dan obat salep mata yang telah terbuka dan dipakai jangan disimpan lebih dari 30 hari untuk digunakan lagi karena kemungkinan sudah tidak bebas kuman atau rusak.

       Untuk menghindari infeksi, jangan gunakan obat tetes mata atau obat salep mata lebih dari satu orang.

 

 

*Obat Tetes Hidung

       Cara pemakaian : bersihkan hidung anda. Tengadahkan kepala, teteskan obat dan tahan posisi kepala selama beberapa menit agar obat masuk ke lubang hidung.

       Setelah dipakai, bilas ujung tetes hidung dengan air panas dan keringkan dengan kertas tisu kering.

Untuk menghindari infeksi jangan gunakan lebih dari satu orang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*Obat Tetes Telinga

       Untuk mencegah kontaminasi, ujung wadah obat tetes telinga jangan terkena permukaan benda lain (termasuk telinga).

       Cara pemakaian : mula-mula cucilah tangan anda. Miringkan kepala atau berbaring dengan posisi miring.

Cara meneteskan obat :

Jari telunjuk diletakkan di depan tragus, telunjuk tersebut mendorong ke depan sedangkan jari tengah dan ibu jari memegang atau mengepit daun  telinga kemudian ditarik kearah atas belakang (untuk dewasa) atau kearah bawah belakang (untuk anak-anak) sehingga liang telinga tampak jelas dan lurus.

Teteskan obat pada liang telinga, biarkan beberapa menit supaya obatnya mencapai dasar liang telinga.

       Setelah digunakan, ujung wadah obat tetes telinga jangan dibilas, keringkan dengan kertas tisu kering dan tutup wadah dengan baik.

 

 

*Supositoria

       Cara menggunakan obat dalam bentuk supositoria : mula-mula, cucilah tangan anda, buka bungkus alufoil dan lunakkan supositoria dengan air, berbaringlah, kemudian supositoria didorong ke dalam anus dengan jari anda. Jika supositoria terlalu lunak untuk dimasukkan, dinginkan obat dalam lekari  pendingin selama 30 menit atau air dingin sebelum membuka bungkus alufoil.

       Cuci tangan anda sesudah memasukkan supositoria.

 

3 Tanggapan

  1. thans ya infonya….kapan2 mampir lagi ya…

  2. thx infonya..tpkurang lengkap tuch..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: